20.52

Untuk apa puasa senin - kamis!

Waktu terasa begitu cepat berlalu. Tak terasa hari ini sudah rabu, berarti besok hari kamis lagi. InsyaAllah besok bisa puasa sunah lagi.
Karena ingat besok puasa sunnah kamis, saya juga jadi teringat buku yang saya beli waktu transit di Cengkareng kemarin, saat menunggu jadwal penerbangan ke Palembang iseng2 saya ke toko buku yang letaknya di samping Mushala. Sayangnya saya lupa nama tokonya.
Pada rak buku2 agama saya melihat buku karangan Imam Bukhori dengan judul "Kehebatan Puasa Senin-Kamis", menyehatkan jiwa-raga dan memudahkan Ragam Urusan.
Bukunya tipis saja dan harganya lumayan murah, cuma 15 ribu rupiah. Setelah membayar dan membuka bungkusnya saya jadi tahu halamannya hanya 41 lembar. Maka saya memasang target sebelum pesawat take off ke Palembang buku sudah harus habis saya baca. Saya punya waktu 2 jam. Alhamdullilah ternyata bisa.
Kalo kemarin2 puasa senin - kamis saya lakukan karena paman saya yang di Aceh yang mengajarkan bahwa Nabi saw melakukannya demikian, maka dari buku ini saya jadi tahu bahwa :

1. Dalam Hadits Shohih Riwayat Nasai dalam Kitab Ash Shiyam (nomor 2.320) yang artinya; "Dari Jubair bin Nufair bahwasanya Aisyah berkata : Sesungguhnya Rasullulah Saw bersungguh sungguh memilih waktu puasa hari senin dan kamis."

2.Dalam Hadits Shohih Riwayat Muslim dalam Kitab Ash Shiyam (nomor 1.977)yang artinya; "Dari Abu Qatadah Al Anshari, bahwasanya Rasullulah Saw ditanya tentang puasa pada hari senin, maka beliau bersabda : Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu pula (wahyu) diturunkan kepadaku."

3.Dalam Hadits Riwayat Ad-Darimi dalam Kitab Ash Shaum (nomor 1.686) yang artinya; "Dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Nabi Muhammad saw berpuasa pada hari senin dan kamis, maka aku bertanya kepada beliau, lalu bersabda :Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada hari senin dan kamis." (maksud didatangkan adalah dibawa kehadapan Allah swt. pen). 

Selesai membaca buku ini, Alhamdullilah saya jadi tambah pengetahuan kenapa saya puasa senin dan kemis.
home, 23062010
njl

0 komentar:

Posting Komentar

Kamojang, Ja-Bar

Kamojang, Ja-Bar
Sumber panas bumi yang yang digunakan sebagai pembangkit listrik untuk area Garut dan sekitarnya.Pada gambar my best frend Rahmad harahap sedang semangat menjelaskan.

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang Batam
Penghubung pulau pulau kecil yang masuk ke wilayah KEPRI

My Dream

UMUR

umur spt dedaun yg menempel di ranting pohon.Ketika daun gugur kita mengatakan jumlah daun dipohon berkurang, sementara ketika umur bertambah kita menghitung umur semakin banyak.

Padahal hakikatnya pertambahan umur sama seperti daun gugur. Lalu ketika umur semakin berkurang, kenapa harus merayakannya? Jika doa-doa dipanjatkan semoga umur yg telah diberikan & dan umur yg tersisa menjadi berkah, masih bisa dimengerti walaupun seharusnya kita saling mendoakan setiap saat.

Maka beruntunglah orang yang diberi keberkahan dalam umurnya yang panjang.

My Dream...now

ILMU

Ilmu adalah sebaik baik kekayaan. Ia ringan dibawa tetapi besar manfaatnya. Ditengah orang banyak ia indah & dalam kesendirian ia menghibur.(Ali bin Abi Thalib)

Kintamani, Bali

Kintamani, Bali
Kata orang...Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan pulau Bali.Maka keindahannya sungguh luar biasa

Featured Content

Makasar, Sul-Sel

Makasar, Sul-Sel
Kampungnya ibu saya.Waktu SMP kelas 2 ibu saya pernah mengajak kesini dan setelah hampir 26 tahun kemudian saya baru bisa kembali menjejakkan kaki disini. Kedatangan saya pertama dulu namanya ujung pandang tetapi sekarang menjadi Makasar. Hemm tambah indah dibanding dulu

Sorong, Irianjaya

Sorong, Irianjaya
Hitam kulitnya, manis senyumnya dan baik hatinya. Dikota ini penduduknya ramah-ramah dan makanannya enak2.Apalagi papedanya.hemm nyammy

HOBBY

Cuaca Palembang

Lampung

Lampung
Berandanya Jakarta. Orang Sumatera yang pengen ke Jawa khususnya ke Jakarta harus melalui kota ini terlebih dahulu.Dari Lampung tepatnya di Pelabuhan Bakauhuni naik Ferry penyebrangan lebih kurang 2 jam akan tiba di Pelabuhan Merak Jakarta.

Balikpapan, Kal-Tim

Balikpapan, Kal-Tim

My Gallery

PERJALANAN-JOURNEY

About Me

Foto saya
Palembang, Indonesia
Manusia biasa.Suami dari seorang wanita & bapak dari 3 anak laki-laki, yang sering bosan dengan rutinitas.